• September 23, 2023

5 Chinatown Jakarta Wajib Dikunjungi dan Paling Menarik

Apa Itu Chinatown Jakarta

Chinatown Jakarta Wajib Dikunjungi – Chinatown Jakarta, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pecinan, merupakan salah satu destinasi wisata yang menarik di ibu kota Indonesia. Dengan kekayaan budaya Tionghoa yang kental, kawasan ini menawarkan berbagai atraksi dan pengalaman yang tak boleh dilewatkan. Bagi para wisatawan yang berkunjung ke Jakarta, ada 5 Chinatown Jakarta yang wajib dikunjungi untuk mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan.

Chinatown Jakarta Yang Wajib Dikunjungi, Berikut Daftarnya

Jakarta, sebagai ibu kota Indonesia yang ramai dan beraneka ragam, memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Salah satu tempat yang menjadi daya tarik bagi wisatawan adalah Chinatown atau Pecinan. Chinatown Jakarta merupakan kawasan yang kaya akan budaya Tionghoa dan memiliki berbagai atraksi menarik yang patut dikunjungi. Jika Anda sedang berada di Jakarta, inilah 5 Chinatown Jakarta wajib dikunjungi:

1. Glodok: Pusat Komersial dan Budaya Tionghoa

glodok
grid.id

Glodok merupakan jantung dari Chinatown Jakarta. Kawasan ini terkenal sebagai pusat komersial dan budaya Tionghoa yang menjadi salah satu yang terbesar di Jakarta. Saat mengunjungi Glodok, Anda akan disuguhi dengan suasana yang khas dan beragamnya barang dagangan yang dijual. Pasar Glodok adalah salah satu tempat yang paling menarik untuk dikunjungi di sini. Pasar ini terkenal dengan berbagai macam barang elektronik yang ditawarkan dengan harga yang kompetitif. Anda dapat menemukan berbagai jenis gadget, peralatan elektronik, dan suku cadang dengan mudah di pasar ini.

Selain pasar elektronik, Glodok juga merupakan tempat yang kaya akan kuil-kuil Tionghoa yang megah. Salah satu kuil yang paling terkenal di Glodok adalah Vihara Dharma Bhakti, yang juga dikenal sebagai Vihara Jin De Yuan. Kuil ini memiliki arsitektur yang indah dengan ornamen-ornamen Tionghoa yang khas. Di dalamnya terdapat patung-patung dewa dan makhluk mitologis yang dipahat dengan detail yang menakjubkan. Selain itu, terdapat juga kuil-kuil lain seperti Toa Se Bio dan Jin De Yuan yang dapat Anda kunjungi dan nikmati keindahannya.

2. Petak Sembilan: Surga Kuliner Tionghoa

petak sembilan
pegipegi.com

Petak Sembilan adalah destinasi kuliner Tionghoa yang tak boleh dilewatkan saat mengunjungi Chinatown Jakarta. Kawasan ini terkenal dengan berbagai hidangan lezat yang menggugah selera. Ketika Anda berjalan-jalan di Petak Sembilan, Anda akan disambut dengan aroma wangi makanan yang menggoda. Ada banyak restoran dan warung makan yang menyajikan hidangan Tionghoa autentik seperti mie ayam, nasi campur, bubur ayam, dim sum, dan masih banyak lagi.

Salah satu hidangan yang paling terkenal di Petak Sembilan adalah nasi campur. Nasi campur di sini terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan lauk-pauk Tionghoa seperti ayam panggang, babi panggang, telur, dan sayuran. Setiap lauk memiliki rasa yang khas dan sempurna dipadukan dengan nasi yang pulen. Selain nasi campur, Anda juga dapat mencicipi hidangan lain seperti bakmi, bakso, lumpia, dan banyak lagi. Jika Anda pecinta kuliner, Petak Sembilan adalah tempat yang harus masuk dalam daftar kunjungan Anda di Chinatown Jakarta.

3. Pasar Baru: Tempat Belanja Serba Ada

pasar baru jakarta
jakarta.tribunnews.com

Pasar Baru adalah salah satu pasar tradisional yang terletak di kawasan Chinatown Jakarta. Pasar ini menjadi surga bagi para pecinta belanja, terutama bagi mereka yang mencari kain, tekstil, busana, dan aksesoris. Ketika memasuki Pasar Baru, Anda akan disambut dengan keramaian dan kehidupan yang khas. Pasar ini menawarkan berbagai macam barang dengan harga yang terjangkau.

Salah satu daya tarik utama Pasar Baru adalah berbagai toko yang menjual kain-kain berkualitas tinggi. Anda dapat menemukan beragam jenis kain seperti batik, tenun, sutra, dan kain tradisional lainnya. Toko-toko di Pasar Baru juga menjual pakaian jadi dengan desain-desain yang unik dan menarik. Jika Anda mencari pakaian yang elegan atau ingin membuat busana kustom, Pasar Baru adalah tempat yang tepat untuk berbelanja.

Selain kain dan pakaian, Pasar Baru juga memiliki banyak kedai kue dan makanan ringan yang lezat. Jajanan tradisional Tionghoa seperti bakpao, onde-onde, kue keranjang, dan kue nastar dapat ditemukan dengan mudah di sini. Jangan lupa mencicipi kue-kue yang terkenal seperti kue putu mayang dan kue ape yang dapat menjadi camilan yang sempurna saat berjalan-jalan di sekitar Pasar Baru.

4. Kota Tua: Melihat Jejak Sejarah Chinatown

kota tua chinatown
travelgalau.com

Meskipun bukan secara eksklusif Chinatown, Kota Tua memiliki jejak sejarah yang erat dengan komunitas Tionghoa di Jakarta. Saat mengunjungi Kota Tua, Anda akan merasakan atmosfer yang berbeda dan terasa seperti melangkah ke masa lampau. Kawasan ini dipenuhi dengan bangunan-bangunan bersejarah yang indah dan memiliki nilai arsitektur yang tinggi.

Salah satu tempat yang wajib dikunjungi di Kota Tua adalah Museum Fatahillah. Museum ini terletak di Gedung Batavia, sebuah bangunan bersejarah yang berasal dari masa penjajahan Belanda. Di dalam museum, Anda dapat menemukan berbagai koleksi artefak yang menceritakan sejarah Jakarta, termasuk juga tentang komunitas Tionghoa yang telah lama berada di kota ini. Jangan lewatkan untuk menjelajahi ruang-ruang pameran yang menarik dan belajar lebih banyak tentang warisan budaya Chinatown Jakarta.

Selain Museum Fatahillah, Kota Tua juga menawarkan pemandangan bangunan-bangunan bersejarah yang indah. Anda dapat berjalan-jalan di sekitar kawasan ini dan melihat gedung-gedung tua yang memiliki arsitektur bergaya Eropa dan Tionghoa. Suasana yang unik dan suasana kuno di Kota Tua membuatnya menjadi tempat yang menarik untuk dieksplorasi.

5. Vihara Dharma Bhakti: Keindahan Arsitektur Tionghoa

vihara dharma bhakti
cnnindonesia.com

Vihara Dharma Bhakti, juga dikenal sebagai Vihara Jin De Yuan, adalah salah satu kuil Tionghoa tertua dan paling indah di Jakarta. Kuil ini terletak di dalam kawasan Chinatown Jakarta dan merupakan destinasi spiritual yang populer bagi umat Buddha maupun pengunjung yang tertarik dengan seni dan arsitektur Tionghoa.

Ketika memasuki Vihara Dharma Bhakti, Anda akan terpesona oleh keindahan arsitektur Tionghoa yang klasik. Kuil ini memiliki atap bermotif dengan ukiran yang indah, serta dinding-dinding yang dihiasi dengan lukisan-lukisan tradisional. Patung-patung dewa dan makhluk mitologis juga dipajang dengan megah di dalam kuil ini. Setiap detailnya menunjukkan kehalusan dan keahlian tangan para pengrajin Tionghoa.

Vihara Dharma Bhakti juga menjadi tempat yang tenang dan damai untuk beribadah atau bermeditasi. Anda dapat merasakan atmosfer yang khusyuk dan mengagumi keindahan dan keheningan tempat ini. Selain itu, kuil ini juga sering menjadi lokasi acara dan perayaan Tionghoa yang diadakan setiap tahun, seperti perayaan Imlek dan Festival Cap Go Meh.

Tidak hanya sebagai tempat ibadah, Vihara Dharma Bhakti juga menjadi daya tarik bagi para pengunjung yang tertarik dengan seni dan kebudayaan Tionghoa. Anda dapat mengambil waktu untuk mengagumi seni ukir, seni lukis, dan seni kaligrafi yang ada di dalam kuil ini. Para pengunjung juga dapat belajar tentang ajaran Buddha dan tradisi Tionghoa melalui berbagai patung dan informasi yang disajikan di kuil ini.

Dalam perjalanan wisata ke Chinatown Jakarta, kunjungan ke Vihara Dharma Bhakti akan memberikan pengalaman yang unik dan memikat. Anda akan merasakan kehadiran spiritual yang mendalam, sambil mengapresiasi keindahan seni dan arsitektur Tionghoa yang megah. Jangan lewatkan kesempatan untuk melihat dan merasakan pesona kuil ini ketika berada di Chinatown Jakarta.

Kesimpulan

Chinatown Jakarta menawarkan pengalaman yang kaya akan budaya Tionghoa, kuliner lezat, belanja yang seru, sejarah yang menarik, dan keindahan arsitektur yang memukau. Dari Glodok yang menjadi pusat komersial dan budaya Tionghoa, Petak Sembilan yang merupakan surga kuliner, Pasar Baru yang menawarkan belanja serba ada, Kota Tua yang memiliki jejak sejarah yang erat dengan komunitas Tionghoa, hingga Vihara Dharma Bhakti yang memukau dengan keindahan arsitektur Tionghoa, semuanya adalah tempat wajib yang harus dikunjungi saat berada di Chinatown Jakarta.

Setiap tempat memiliki daya tariknya sendiri dan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan. Dari kuliner autentik, belanja yang seru, peninggalan sejarah, hingga keindahan seni dan spiritualitas, Chinatown Jakarta adalah destinasi yang menggabungkan kekayaan budaya Tionghoa dengan keberagaman Jakarta. Dengan mengunjungi 5 tempat wajib di Chinatown Jakarta, Anda akan dapat merasakan pesona dan keunikan yang dimiliki oleh komunitas Tionghoa di ibu kota Indonesia.

Selama berada di Glodok, Anda dapat merasakan kehidupan sehari-hari di pusat komersial dan budaya Tionghoa ini. Jelajahi pasar yang ramai dengan berbagai barang elektronik dan temukan kuil-kuil megah yang menjadi lambang keagungan budaya Tionghoa.

Kesimpulan

Petak Sembilan akan memanjakan lidah Anda dengan hidangan kuliner Tionghoa autentik. Nikmati berbagai hidangan lezat seperti mie ayam, nasi campur, dan dim sum yang menggugah selera. Rasakan cita rasa khas Tionghoa yang disajikan dengan penuh keahlian dan rasa.

Pasar Baru merupakan tempat yang tepat untuk berbelanja berbagai macam barang. Temukan kain-kain berkualitas tinggi, busana dengan desain unik, dan berbagai aksesoris fashion. Selain itu, nikmati juga jajanan tradisional yang membuat pengalaman belanja Anda semakin lengkap.

Kota Tua akan membawa Anda merasakan atmosfer masa lampau dengan bangunan-bangunan bersejarah yang memukau. Kunjungi Museum Fatahillah untuk mengetahui lebih dalam tentang sejarah Jakarta dan komunitas Tionghoa. Jelajahi jalan-jalan di sekitar Kota Tua dan nikmati keindahan arsitektur bergaya Eropa dan Tionghoa.

Tidak ada yang bisa mengalahkan keindahan Vihara Dharma Bhakti. Merenung di tengah ketenangan dan keheningan kuil ini akan memberikan pengalaman spiritual yang mendalam. Saksikan juga keindahan seni dan arsitektur Tionghoa yang memukau di dalam kuil ini.

Dengan mengunjungi 5 Chinatown Jakarta wajib dikunjungi, Anda akan mendapatkan pengalaman yang menggabungkan budaya, kuliner, sejarah, dan seni Tionghoa. Rasakan keramahan dan kehangatan komunitas Tionghoa di ibu kota yang memperkaya keberagaman Jakarta. Chinatown Jakarta merupakan tempat yang tidak boleh dilewatkan untuk para wisatawan dan pecinta budaya. Jadi, jadikanlah perjalanan Anda ke Chinatown Jakarta sebagai petualangan yang tak terlupakan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *